Kilas Whitepaper Jaringan Subspace

Saljifauzann
2 min readJan 24, 2022

Dalam upaya untuk membuat blockchain lebih hemat energi, egaliter, dan terdesentralisasi, beberapa protokol baru menggunakan konsensus berdasarkan Proofs-of-Capacity (PoC), yang menggantikan penambangan intensif komputasi dengan pertanian intensif penyimpanan . Kami mengamati bahwa konsensus PoC memperkenalkan tantangan desain mekanisme yang unik, yang disebut sebagai dilema petani, yang menunjukkan bahwa konstruksi yang ada sebenarnya tidak sesuai dengan insentif.

Sederhananya, petani harus memutuskan apakah akan mengalokasikan sumber daya penyimpanan yang langka untuk mempertahankan status rantai dan sejarah atau memaksimalkan jumlah ruang yang mereka janjikan menuju konsensus. Petani rasional akan selalu memilih yang terakhir, paling baik menjadi klien ringan, sementara paling buruk mendorong pertanian gabungan di bawah beberapa operator tepercaya. Untuk mengatasi dilema ini, kami memperkenalkan Subspace, blockchain PoC di mana petani tidak mempertahankan status maupun sejarah, sambil mempertahankan properti keamanan dan manfaat desentralisasi dari node penuh.

Konsensus di Subspace didasarkan pada bukti penyimpanan yang direplikasi dari sejarah blockchain itu sendiri. Petani menyimpan sejarah secara kolektif, berkali-kali, dengan setiap petani menyimpan replika sebanyak ruang disk mereka memungkinkan. Konsensus dan perhitungan kemudian dipisahkan, sehingga petani hanya mengusulkan pemesanan untuk transaksi, sementara node pelaksana yang dipertaruhkan mempertahankan status dan menghitung transisi.
Pemisahan masalah ini secara signifikan mengurangi penyimpanan dan komputasi overhead yang diperlukan untuk mengoperasikan petani, bahkan dalam model eksekusi gaya Ethereum, memungkinkan partisipasi tingkat tinggi dalam konsensus oleh pengguna biasa dengan perangkat keras komoditas.

Info lebih lanjut :

Subspace Network

--

--

Saljifauzann

Interested in crypto and anything related to investment